Scripta manent, verba volant (yang terucap akan hilang, yang tertulis akan abadi) *Pepatah Latin*

Subscribe

Kamis, 18 Februari 2016

4 Manfaat dan 7 Dampak Buruk Alkohol Bagi Tubuh


Image By Liputan6.com Alkohol adalah zat yang mudah sekali di dapat di sekitar kita dan umum dikonsumsi masyarakat, bahkan para remaja sekarang ini sudah tak canggung lagi meminum barang haram ini. Cara mengkonsumsinya juga bervariasi baik dari segi jumlah, frekuensi, ataupun tujuannya. Bahkan akhir-akhir ini berkembang berbagai kasus penyalahgunaan alkohol yang telah memakan ratusan nyawa, yaitu dengan cara mencampur alkohol dengan berbagai bahan lain yang berbahaya, yang populer dengan nama oplosan.
Selama ini pandangan masyarakat tentang alkohol selalu negatif dan merugikan, mereka menganggap konsumsi alkohol dapat merusak tubuh. Namun, agaknya pandangan seperti ini harus diluruskan, karena pada dosis yang rendah (tidak memabukan) alkohol sangat menguntungkan bagi tubuh kita.
Berdasarkan studi, ada sekitar 4 manfaat yang di dapat jika mengkonsumsi alkohol dengan dosis rendah (kurang dari 2 gelas per hari) yaitu :
Meskipun alkohol dalam dosis yang rendah bermanfaat bagi tubuh, namun sebaiknya jangan dikonsumsi karena ternyata dampak buruknya lebih banyak ketimbang manfaatnya, berikut ini ada 7 dampak buruk alkohol bagi tubuh:
Pertama, pengaruh alkohol terhadap susunan saraf pusat (SSP). Hampir semua peminum alkohol pernah mengalami kehilangan memori sementara (block out), dimana seseorang akan melupakan semua yang terjadi selama minum alkohol. Selain itu alkohol juga bisa menimbulkan gangguan kesadaran dan gangguan pengambilan keputusan dalam arti tak bisa berfikir secara rasional, misalnya kekeliruan membaca warna rambu lalu lintas, yang sebenarnya masih menyala berwarna merah malah dikira menyala warna hijau, sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itulah orang yang meminum alkohol tidak dibolehkan mengendarai kendaraan bermotor.
Kedua, pengaruh alkohol terhadap jantung. Konsumsi alkohol berlebih dapat melemahkan kontraksi dan relaksasi jantung (gerakan mengempis dan mengembang) serta dapat memperlebar pembuluh darah. Padahal kebutuhan oksigen yang dipompa jantung harus selalu konstan, dan jika sudah begini kerja jantung akan semakin berat karena harus memompa lebih kuat dan akibatnya akan muncul dekompensasi jantung (payah/lemah jantung).
Ketiga, pengaruh alkohol terhadap saluran cerna. Konsumsi alkohol bisa sebabkan terjadinya peradangan dan pendarahan kerongkongan dan lambung. Karena itulah tak jarang peminum alkohol sering mengalami muntah darah dalam jumlah yang relatif banyak.
Keempat, pengaruh alkohol terhadap hati. Konsumsi alkohol dalam jangka waktu lama bisa sebabkan munculnya sirosis hati, akibatnya penderita mengalami penurunan kadar gula darah secara drastis yang biasa ditandai dengan mual dan muntah, keringat dingin, serta kesadaran mengantuk.
Kelima, pengaruh alkohol terhadap organ reproduksi. Peminum alkohol dalam dosis berlebih pada sebagian orang akan meningkatkan nafsu seksual. Akan tetapi, pada sebagian lain justru menurunkan kemampuan ereksi. Bahkan, menurut studi akhir-akhir ini menyatakan dengan konsumsi alkohol maka bisa berdampak pada mengecilnya testis, menurunkan jumlah sperma, dan kemandulan.
Keenam, Pengaruh alkohol terhadap otot. Hampir semua peminum alkohol mengalami kelemahan otot di seluruh tubuh yang disebut Miopati alkoholik. Badan mereka akan lemah tak bertenaga, bahkan pengaruhnya sampai ketulang hingga menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh. Hal ini menjadikan peminum alkohol memiliki peluang pengeroposan tulang lebih cepat.
Ketujuh, pengaruh alkohol terhadap risiko penyakit kanker. Meminum alkohol ternyata juga meningkatkan risiko terjangkitnya penyakit kanker payudara, rongga mulut, kerongkongan, dan rektum. Beberapa kanker lain mungkin saja bisa muncul apabila konsumsi alkohol secara berlebihan dan ngawur.
Itulah sederet pembahasan kali ini tentang 4 Manfaat Alkohol Dan 7 Dampak Buruknya Bagi Tubuh. Ada baiknya pecandu alkohol berusaha melakukan rehabilitasi agar terhindar dari dampak buruk alkohol. Ingatlah !…Manfaat yang didapat dari alkohol itu tak sebanding dengan risiko yang ditimbulkannya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Get this widget!

WAKTU

Total Tayangan Halaman

Flag Counter

Flag Counter
”widget

Ensiklopedia

Hasil penelusuran

Pengikut

Daftar Blog Saya

Top Comment

Visitors

Flag Counter
belajar

Blog Archive