Scripta manent, verba volant (yang terucap akan hilang, yang tertulis akan abadi) *Pepatah Latin*

Subscribe

Sabtu, 19 Mei 2018

Peran Umat Islam Dalam Perkembangan Pemikiran Barat Modern

Penelitian tentang sejarah pendidikan barat, sering kali mengabaikan peradaban Cina-Jepang dan hanya sesekali merujuk kepada kebudayaan Hindu yang sesungguhnya sangat penting bagi pengetahuan dan pemahaman kita, atas evolusi dari teoritik dan praktik pendidikan Eropa dan Amerika Serikat.
Dengan mengabaikan kompleksitas pola-pola kebudayaan yang membentuk peradaban Timur Tengah pada abad-abad pra-Kristen dan Kristen Awal, serta perkembangan fenomenologis ilmu pengetahuan dan Institusi-Institusi pendidikan Islam selama abad-abad “Pertengahan”, antara tahun 750-1350 adalah sama dengan mengabaikan asas-asas pokok tradisi barat, yang mempengaruhi gaya hidup barat tersebut.
Bangsa-bangsa dan kebudayaan Timur Tengah sangat penting bagi kita, terutama masa pra-Kristen dan Kristen Awal. Kebudayaan tersebut memberikan pengaruh tentang religius dan bahasa dalam kebudayaan Barat. Kebudayaan tersebut juga memelihara institusi-institusi sebagai inti dari tradisi ilmu pengetahuan, matematika, filsafat dan teknologi.
Selanjutnya, ketika raja-raja Eropa menyewa guru-guru untuk mengajarkan cara menulis dan membubuhkan tanda tangan, institusi pendidikan Islam justru telah memelihara, memodifikasi, dan menyempurnakan warisan Klasik, melalui sekolah-sekolah tinggi dan pusat riset.
Kemudian hasil dari usaha kreatif diatas, telah menjangkau wilayah Latin Barat melalui penerjemahan versi bahasa Arab atas karya-karya klasik tentang kedokteran, filsafat, geografi, sejarah, teknologi, dan disiplin ilmu lainya, hingga ilmu pengetahuan berkembang di Barat dan saat ini menjadi warisan modern bagi kita.

Studi ini berusaha untuk memaparkan perkemabangan institusi pendidikan Muslim “abad pertengahan”, produk-produk ilmiyahnya, dan kontribusi-kontribusi penting dalam pembentukan pendidikan Barat modern. Sehingga penulis mengalamatkan pada judul “Peran Umat Islam dalam Pemikiran Barat Modern”





Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Get this widget!

WAKTU

Total Tayangan Halaman

Flag Counter

Flag Counter

Ensiklopedia

Hasil penelusuran

Kontributor

Pengikut

Daftar Blog Saya

Top Comment

Visitors

Flag Counter