Scripta manent, verba volant (yang terucap akan hilang, yang tertulis akan abadi)

Subscribe

Info Techno

Temukan berbagai informasi dan technology.

Mempercepat jaringan Internet

Anda bisa belajar dan download beberapa fitur dalam blog ini

Join us Anonymous

No spam. 100% original. Just follow this blog.

Seputar Selebriti

Menyajikan berbagai informasi yang teraktual.

Info Health

Temukan berbagai informasi seputar kesehatan terbaru.

Senin, 11 April 2016

Bulletin Excellent Times (edisi perdana November 2015)

Hello guys bagi ente yang tertatik baca BET edisi perdana.
Monggo silahkan unduh disini
Share:

Jumat, 01 April 2016

Dokumentasi (Exfactor 14)

Serius : Exfactor (14) in computer laboratory.

Recite : Exfactor (14) sedang istighosah di astah PPNJ.

Recite : Exfactor (14) sedang istighosah di astah PPNJ.

Geng : Exfactor (14) and the gang.
Geng : Exfactor (14) and the gang.

Share:

Example of MC Text

Hello sobat blogger. disini kami menyediakan contoh MC text, sebagai perangkat pembelajaran saja. bagi yang berminat, silahkan di pelajari. thanks.
By : http://sparkz.com.sg/wp-content/uploads/2015/04/master-of-ceremony.jpg

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Excellentcy, KH. Moh. Zuhri Zaini as the owner of Nurul Jadid Islamic boarding school
The honorable Mr. Imam Hari Santosa as the director of Exact Program
And unforgottable all members of  Excellent Exact
                First of all, let’s thank and pray to our god Allah SWT, the most merciful and almighty as powerful essence in all over the universe that has created the world belongs to all mankinds and he also has given us lot of mercies and blessing until we can gether together and face to face here in this appourtunity and this beautiful occasion exatcly.
                Secondly, we nerver forget to send the best thank and salutation to our great propeth Muhammad SAW., As the world’s inspiration and all human’s best example who has brought us from the darkness into lightness, from stupidity to the cleaverness.
Dear brother and happy audience,
I am standing up in front of you all as the master of ceremony, I would like to bring this agenda of this daily program as follows:
·         The first agenda is opening
·         The second agenda is speech
·         The third agenda is conclusion
·         The forth agenda is comment
·         The last agenda is closing             
Well happy audience, now we step to the first agenda named opening, let’s open our agenda tonight by reciting “Basmalah’ together, Bismillah. ....... . ..
The second agenda is speeech, it will be delivered by . . . . . .(speaker) . .. . . . . .  I Please you to come forward thank you, your speech is very nice.
The third agenda is  Conclusion
                The first Concluder is . . . . ... . .  I please you to come forward.
                Thank you for your conclusion.
                The Second concluder is . . . . ... . .  I please you to come forward
                Thank you very much for your time.
Well happy audience, we have enjoyed agenda by agenda, now we step tothe last agenda named closing, let’s close our agenda tonight by reading “alhamdulillah” together. Alhamdulillah. . . . . .
That’s all I can deliver to you all thank you very much and the last I say. . . . .
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Share:

Contoh Kalender Kerja (Presidium IPA)

bagi sobat blogger yang butuh referensi kalender kerja.
by : PRESIDIUM IPA SMANJ
Bagi yang berminat monggo silahkan disedot DISINI
Share:

Sistem Gerak (Biologi SMA) PPT

Halo sobat blogger. Bagi kalian yang ingin belajar lebih lanjut tentang sistem gerak. Kami menyediakan perangkat belajar SISTEM GERAK berformat ppt.
contoh gambar pembuka :
Oleh : Didik Rahwiniyanto, S.Si
PPt ini karya guru biologi saya, di SMA Nurul Jadid (Terakreditasi-A) Paiton Probolinggo. Bagi kalian (Sobat Blogger) yang berminat silahkan disedot filenya DISINI
Share:

Recollection IQRO' Magazine

Disetiap pertemuan, pasti disitulah ada perpisahan. Selamat hari perpisahan sobat blogger, bagi kawan-kawan iqro' magazine (SMP NJ) lulusan tahun 2014, di sini kami ada master Recollection Iqro' versi pdf. Hal ini bertujuan bagi kalian yang merasa kangen atau apalah :D bisa langsung di unduh lalu dilihat profil temen-temen kalian :D
By : Lutfan Efendi as a pimred IQRO' magazine.
atau buat kalian (para netizen) yang butuh referensi layout buku kenangan atau dikenal "recollection". monggo silahkan dilihat atau di unduh saja.

Bagi yang berminat, langsung saja disedot filenya DISINI
Share:

Jumat, 25 Maret 2016

Majalah Misi volume 18 nomor 2 (2015)

Sorry late pos :D hanya ingin berbagi, postingan kali ini tentang majalah MISI volume 18 nomor 2 tahun 2015. Majalah ini asli hasil karya siswa SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo (Terakreditasi-A). Anda yang berminat silahkan bisa langsung diunduh secara gratis. Ya, itung-itung shodaqoh. Tidak ada salahnya kan ? hehe...

bagi anda yang berminat silahkan download DISINI

Share:

Kumpulan Masalah Sains

Membatasi jumlah masalah yang tak terpecahkan dalam ilmu pengetahuan sama seperti menyuruh Sungai Missisipi yang luar biasa besar untuk mengalir melewati sebuah slang air kebun. Meski kita telah cukup menjelajahi beberapa masalah yang belum terpecahkan, masalah yang lain juga meminta perhatian dan usaha para ilmuwan. Beberapa di antaranya mungkin bersaing atau bahkan membayangi masalah - masalah kita.
Kumpulan masalah memuat dan membahas secara singkat beberapa masalah lain yang tak terpecahkan dalam sains. Informasi lebih lanjut megenai masalah ini serta masalah lainnya tersedia dalam beberapa sumber. Lihatlah sumber pustaka lebih lanjut di berbagai situs web resmi Ilmu Pengetahuan.

Masalah Fisika

Seperti apakah sifat cahaya ?”
 
(Sumber gambar : https://pixabay.com/static/upload/photo/2016/01/0)

Dalam beberapa kondisi percobaan, cahaya bersifat seperti gelombang, dan dalam percobaan-percobaan lain cahaya seperti partikel. Jadi, yang manakah cahaya ? bukan keduanya. Partikel dan gelombang adalah model-model sederhana yang mendekai sifat cahaya. Cahaya sebenarnya bukanlah partikel maupun gelombang. Cahaya adalah sesuatu lebih rumit daripada yang bisa digambarkan oleh model model sederhana itu.

“Seperti apakah keadaan di dalam lubang hitam ?”
 
(Sumber gambar : http://orig02.deviantart.net/068d/f/2013/197/b/4/intergalactic_by_misterpeopleperson-d6dtw93.jpg)
Lubang hitam, biasanya adalah inti bintang raksasa yang masih runtuh, setelah mengalami ledakan supernova. Lubang hitam begitu rapat. Sehingga sinar yang bergerak sangat cepat pun tak bisa keluar. Karena sifat lubang hitam yang sangat mampat, hukum-hukum fisika biasa tidak berlagu di bagian dalamnya. Lebih jauh lagi karena tak ada yang bisa keluar dari lubang hitam, tidak ada percobaan yang bisa dilakukan untuk menguji berbagai teori mengenai cara kerja bagian dalamnya.

“Ada berapa banyak dimensi di alam semesta, dan bisakah kita menemukan sebuah Teori Segalanya?”

Teori-teori fisika yang berusaha keluar dari model standar akhirnya menjelaskan jumlah dimensi seperti yang telah dijelaskan oleh “Teori Segalanya”. Meskipun demikian, jangan biarkan nama teorinya membuat Anda salah paham. Sementara Teori Segalanya akan memberikan suatu dasar pemahaman yang baik untuk memahami partikel-partikel dasar, maka sejumlah hal dalam daftar masalah-masalah tak terpecahkan emnunjukkan, bahwa teori seperti itu masih meninggalkan banyak pertanyaan penting dan menarik yang belum terjawab. Seperti halnya kematian Mark Twain, akhir dari ilmu pengetahuan yang disebabkan Teori Segalanya terlalu dibesar-besarkan.

Apakah perjalanan waktu itu mungkin?”

Dalam pemikiran teoritis, perjalanan waktu dimungkinkan oleh teori relativitas umum Einstein. Akan tetapi, manipulasi yang diperlukan pada lubang hitam dab kerabat teoritisnya, yaitu lubang cacing, membutuhkan energi yang luar biasa besar, yang pada dasarnya berada di luar jangkauan pengetahuan teknologi mutakhir kita. Untuk penjelasan singkat mengenai perjalanan waktu bacalah buku berjudul Hyperspace oleh Michio Kaku, Oxford Press, 1994 dan Vision oleh Michio Kaku, Anchor Books, 1997, atau situs Web http://mkaku.org

“Akankah gelombang gravitasi bisa dideteksi?”

Sejumlah observatorium sedang mencari bukti-bukti keberadaan gelombang gravitasi. Jika gelombang seperti itu ditemukan, vibrasi dalam serat kecil ruang-waktu akan menandakan kehancuran besar di alam semesta, seperti supernova, tumbukan lubang hitam, atau peritiwa yang saat ini belum diramalkan. Untuk rincian lebih jauh, bacalah buku “Ripples in Spacetime” (Riak dalam Ruang-Waktu) oleh W. Wayt Gibbs.

“Berapa umur proton?”
 
(Sumber gambar : http://fsrc.um.edu.my/images/afr/berita/BlueLogo.jpg)
Beberapa teori di luar model standar meramalkan luruhnya proton, dan sejumlah detektor telah dirancang untuk mendeteksi peluruhan itu. Meski belum ada proton yang terlihat luruh, batas terendah waktu paruh proton telah ditentukan sebesar 1032 tahun (1 diikuti 32 nol – lebih lama dari umur alam semesta). Bila detektor yang lebih sensitif telah tesedia, peluruhan proton mungkin bisa diamati atau batas terendah waktu paruh proton bisa dinaikkan.

”Mungkinkan superkonduktor suhu tinggi itu ada ?”

Superkonduktivitas terjadi ketika hambatan listirik dari sebuah materi menjadi nol. Di bawah kondisi itu, sebuah arus listrik yang mengalir di dalam material terus mengalir tanpa kehilangan energi yang menyertai aliran arus normal dalam material seperti kawat tembaga. Gejala superkonduktivitas ini pertama kali didemonstrasikan pada suhu sangat rendah (sedikit di atas suhu nol mutlak, -273o C atau -459o F). Pada tahun 1986, para peneliti bisa membuat materi menjadi superkonduktor di atas titik didih nitrogen (-196oC atau -320oF), komoditas yang sudah tersedia secara komersial. Selama mekanisme dasar gejala ini belum dipahami secara sempurna, penelitian terus berlanjut, denga n tujuan utama mencapai superkonduktivitas pada suhu ruangan, yang akan menurunkan kehilangan energi listrik.
Share:

Kamis, 24 Maret 2016

Misi Vol. 17 Nomor 1 (2014)

Hello guys. Sorry late pos. Gue share majalah karya siswa SMA Nurul Jadid. Sebenernya ini adalah arsip kami. Namun, apa salahnya jika kita berbagi ilmu ? toh., ilmu yang kita bagikan tidak akan berkurang, syukur-syukur nambah :D
Ini nih gue punya Majalah MISI volume 17 nomor 1 tahun 2014.
MISI itu singkatan dari (Majalah Intelektual SIswa ), hasil tampungan aspirasi siswa SMA Nurul Jadid.
Covered By : MISI TEAM

Bagi ente atau lu lu semua yang berminat silahkan di download disini
Share:

Game Matematika

TEBAK ANGKA DALAM LABEL

Postingan kali ini, gue sedikit berbagi games keren dan unik berbau matematika. Permainan ini sering kali digunakan untuk tebak tebakan. Sekedar mengisi kekosongan saja, gak ada salahnya kan gan ? haha :D selamat menikmati. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.
alaikarahmatullah.blogpspot.com
Keterangan : Kamu dapat menebak angka yang dipilih oleh temanmu

Persiapan
Siapkan lima buah tabel, masing-masing bernama tabel 1, tabel 2, tabel 4, tabel 8, dan tabel 16, seperti yang akan diberikan pada langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah
1.       Perlihatkan tabel 1 pada temanmu seperti dibawah ini.
Suruhlah temanmu untuk memilih satu angka, misalkan 11.
                                                                                TABEL 1
15
3
5
7
9
11
13
15
17
19
21
23
25
27
29
31

2.       Perlihatkan tabel 2 berikut dan tanyakan apakah angka yang telah dipilih tadi berada pada tabel ini. Pada contoh ini, jawabannya “ya”, sebab angka 11 muncul pada tabel 2
TABEL 2
2
3
6
7
10
11
14
15
18
19
22
23
26
27
30
31

3.       Selanjutnya, perlihatkan tabel 4 di bawah ini, dan tanyakan apakah angkanya muncul pada tabel 4. Pada contoh ini jawabannya “tidak”, sebab angka 11 tidak muncul pada tabel 4.
TABEL 4
4
5
6
7
12
13
14
15
20
21
22
23
28
29
30
31

4.       Perlihatkan tabel 8 dibawah ini, dan tanyakan apakah angkanya muncul pada tabel 8. Pada contoh dibawah ini, jawabannya “ya”. Sebab angka 11 muncul pada tabel nomor 8.
TABEL 8
8
9
10
11
12
13
14
15
24
25
26
27
28
29
30
31

5.       Selanjutnya perlihatkan tabel 16 di bawah ini dan tanyakan apakah angkanya muncul pada tabel 16. Pada contoh di bawah ini, jawabannya “tidak”, sebab angka 11 tidak muncul pada tabel 16.
TABEL 16
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
6.       Angka yang dipilih temanmu adalah jumlah dari nama tabel yang memuat angka yang dia pilih. Pada contoh ini adalah tabel 1, tabel 2, dan tabel 8. Jadi angka yang dia pilih adalah 1 + 2+ 8 = 11.
Share:

Selasa, 22 Maret 2016

Demokrasi ala Pesantren

Demokrasi ala Pesantren
Oleh : Alaika Rahmatullah*)

Era kita adalah era ketika segala bentuk aspirasi rakyat sudah bisa disajikan instan. Berbagai keputusan pemerintah sudah dapat kita lihat dengan mudah melalui media – media informasi yang ada. Disinilah kebebasan demokrasi. Tapi di era inilah, maksud dan tujuan yang jelas dari pendapat rakyat atau keputusan pemerintah yang terjadi semakin sulit difahami. Karena faktor dari komplikasi permainan media. Ada yang pro dan kontra. Semakin sulit bagi siapapun untuk menghindar dari silang pendapat atau keputusan yang melahirkan keremang – remangan. Itulah wujud dari demokrasi.

Sejatinya, demokrasi adalah kebebasan intervensi rakyat dan pemerintah. Sistem demokrasi banyak diterapkan di lembaga pendidikan utamanya yang berbau lembaga pendidikan agamis. Seperti pesantren, karena bertujuan untuk menampung kesinkronan siswa dan pengurus dilembaga pendidikan tersebut. Lalu, sejauh manakah kesadaran demokrasi pesantren diterapakan ? banyak sekali yang berkata inilah demokrasi, tapi apakah keputusan yang diambil melalui kelompok intern tanpa melibatkan rakyat dapat disebut demokrasi ? Rakyatlah yang harus bisa berperan. Demokrasi pesantren tak jauh beda dengan demokrasi pancasila, hanya titik perbedaanya berada pada pelibatan rakyat dalam menjadi partisipan.

Demokrasi pancasila mengajarkan sesuatu dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Posisi rakyat sangat berperan penting. Demokrasi pesantren malah sebaliknya, pengurus yang berandil dalam membuat peraturan tanpa melibatkan rakyat. Terlalu kompleks problematika demokrasi yang terjadi di Pesantren, mulai dari yang bersifat eksternal atau internal.

Tren global masa kini mengancam kemurnian budaya demokrasi ala pesantren. Injeksi budaya barat telah memengaruhi nilai – nilai kesantrian. Karena di zaman zetizen inilah dari orang yang paling awam sampai yang paling ahli, sama-sama ikut berbicara melontarkan opini, gagasan, melakukan kritik, ataupun keluhan, maka selain sulit menghindari ikhtilaf dan kebenaran pada suatu permasalahan. Karena sangat sulit menemukan mana yang benar dan membedakannya dari yang salah. Jadi yang ada bukan soal mana yang bodoh dan mana yang pintar, tapi mana pesantren dan mana yang non pesantren. Sehingga munculah doktrinitas bahwa orang pesantren kalah dengan orang non pesantren. Dan karena itu akan lebih sulit lagi bagi kita untuk mendapati sesuatu yang benar-benar menjadi kesepakatan bersama; muttafaqun ‘alaihi atau konsensus.

Demokrasi ala pesantren
Demokrasi ala pesantren (foto: google)

Problematika internal yang ada di Pesantren kadang bisa melalui keputusan–keputusan yang tiba-tiba ada tanpa sepengetahuan santri. Disinilah, banyak sekali perlawanan yang terjadi, bahkan ujung-ujungnya dapat merusak mentalitas santri. Sangat ditakuti jika terkesan mendidik santri berbau anarkisme. Oleh karena itu, harus berhati-hati dalam mencetak karakteristik yang beretika.

Berapapun usaha manusia dalam mendistorsi problematika kehidupan. Tak satupun valensi menembus titik ekulibrium fikiran. Acak tak berujung. Abstrak membentang garis geometris. Para nenek moyang manusia telah melewati seleksi alam yang penuh dengan tantangan. Grafik tetap menunjukkan plus minus yang berlonjak naik turun. Itulah kehidupan yang selalu memberikan stabilisasi makhuk ekstraterestrial ataupun intraterestrial. Tak bisa jika sengaja dipaksakan. Karena sebuah social relation membutuhkan feedback yang memang benar - benar nyata. Begitupun social relation di Pesantren yang harus memberikan setengah pengorbanan kita untuk orang lain supaya ketika santri terjun dimasyarakat nanti benar benar menjadi titik tumpu masyarakat.

Fenomena itulah, seakan - akan demokrasi pesantren yang dilaksanakan para kaum bersarung diremehkan dan nyaris tak ada artinya sama sekali. Padahal dibalik demokrasi pesantren ada beberapa faktor plus yang sangat urgen dengan demokrasi pancasila. Keduanya bersatu padu dalam sinkronitas. Pemikiran yang terjadi sekarang ini, pesantrenlah yang memegang peranan penting dalam menyelamatkan para generasi muda Indonesia. Karena tanpa pesantren, akan banyak orang – orang yang tidak paham betul masalah akhlak atau etika beragama baik secara vertikal maupun horizontal.

Apapun itu dan seperti apapun itu, tantangan – tantangan yang mengancam utuhnya demokrasi pesantren harus dibentengi dengan nilai – nilai kesantrian sehingga pengaruh ekstern ataupun intern dapat kita hadapi. Karenanya, bukan hanya Indonesia yang punya ideologi negara, tapi pesantren juga punya ideologi, sebagaimana panca kesadaran santri; kesadaran beragama, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesadaran berilmu, kesadaran bermasyarakat, dan kesadaran berorganisasi. Sudah seyogianya sebagai generasi muda Indonesia harus memegang prinsip-prinsip kehidupan supaya bangsa ini menjadi bangsa yang baik dan berdemokrasi.

*)Penulis adalah siswa aktif SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Share:

Get this widget!

WAKTU

Total Tayangan Halaman

Flag Counter

Flag Counter
”widget

Ensiklopedia

Hasil penelusuran

Pengikut

Daftar Blog Saya

Top Comment

Visitors

Flag Counter
belajar